Masih Proses, Mohon Sabar...

Sabtu, 18 Juni 2011

Launching Tarbiyah Anak Kader

Sekelompok anak terlihat asyik menonton tayangan film berbahasa Indonesia dengan teks berbahasa Inggris. Sebagian lain mempersiapkan jenis permainan yang akan dibawakan secara individu maupun kelompok. Siang itu, Minggu (8/5)-ada pemandangan berbeda di suatu sekolah Islam terpadu di Kota Jambi. Siswa berikut para pendamping saling mengisi aktivitas di hari libur itu.
Ketika ditemui, Hamidi S.Pdi-guru sekaligus ketua panitia menyatakan, aktivitas ini adalah launching Tarbiyah Anak Kader yang dimotori Bidang Perempuan DPD PKS Kota Jambi. Program ini bertujuan melakukan pendampingan pendidikan untuk Anak-anak.
"Kami melihat anak-anak rentan terkontaminasi hal-hal negatif. Baik melalui pergaulan, media cetak, elektronik hingga dunia maya seperti internet. Bahkan ada anak yang tahan duduk berjam-jam di Warnet hingga lupa waktu. Maka kami mencoba melakukan pendampingan dengan beberapa kurikulum berbasis permainan mendidik," ujar Hamidi.
Sebagaimana layaknya sekolah, kegiatan ini memiliki tahapan dan agenda. Sebut saja permainan mendidik, bagaimana anak belajar mengaji, kerja kelompok, mengerjakan pekerjaan rumah sambil menyelipkan nilai-nilai agama. Diantaranya bagaimana anak bersikap pada orang tua, teman, terutama taat pada Allah dan Rasul-Nya.
Dari target 40 anak yang hadir, kali ini baru sekitar 30 peserta yang hadir. Sebagian besar diikuti siswa SD dan SMP. "Namun kedepan kegiatan ini dapat diikuti setiap anak usia 10 - 15 tahun. Sehingga skala pembinaannya bisa lebih besar," ujar Hamidi sambil menambahkan, kegiatan ini diikuti secara gratis oleh tiap anak.Terwujudnya kegiatan ini, tidak terlepas dari kontribusi para pendamping yang terdiri dari Guru SD dan Mahasiswa IAIN STS Jambi menciptakan anak-anak yang tangguh dan sholeh. Ditambah dukungan penuh orang tua pada kegiatan anak-anaknya. Seperti mengantar anak hadir secara reguler hingga menindaklanjuti pendampingan di rumah masing-masing.
"Target kami, kegiatan ini dapat berkembang lebih besar dan dapat diikuti semua anak-anak muslim dari semua lapisan. Sehingga komitmen dakwah pada generasi muda terutama anak-anak dapat dimulai secara dini. Insya Allah," tutup Hamidi.
Ketua DPW PKS Provinsi Jambi, Henri Masyhur mengatakan, banyak kader-kader PKS turun ke lapangan melakukan dakwah di banyak tempat. "Sehingga tiap pekan anak-anak mereka dapat tetap mendapat pendampingan pendidikan meski orang tuanya melakukan dakwah," ujar Henri.*** 

Sumber : Islamedia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes