Masih Proses, Mohon Sabar...

Jumat, 06 Mei 2011

Berpotensi 2 Putaran

BUNTOK, Pemilu Kada Barito Selatan (Barsel) yang berlangsung Rabu (4/5), berpotensi dua putaran. Ada empat pasangan yang mendominasi perolehan suara pada masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

Keempat pasangan tersebut, Farid Yusran- Satya Ttiek Atyani Djoedir (Fasty), Wartiah Talib-Sofiansyah (Wafi), Edy Raya Samsuri-Irawansyah (Era), dan Suriawan Prihandi-Kartawijaya (Suka). 
 
Berdasarkan pantauan hasil penghitungan suara cepat sementara di Fasty Center hingga pukul 22.30 WIB, pasangan Suka (nomor urut 1) memperoleh suara 19,02 persen, Era (urut 2) 20,18 persen, Jamhuri Hadari-Abdul Bhayang/Jab (urut 3) 1,92 persen, Wafi (urut 4) 24,24 persen, Fasty (urut 5) 21,73 persen, Darsani-Ahmad Rasyid/Dadas (urut 6) 7,47 persen, dan Areramon-Suhardi/Asuh (urut 7) 5,44 persen. Sementara total suara yang telah masuk mencapai 69,17 persen dari suara yang sah.
 
Borak Milton, Ketua Tim Sukses Fasty, mengatakan, jika melihat perolehan sementara penghitungan suara, ada potensi digelar dua putaran dan Fasty optimis menang, pasalnya masih banyak kantong suara yang belum masuk. “Diperkirakan ada tiga calon yang berpeluang masuk pada putaran kedua, Wafi, Fasty, dan Era,” kata Borak saat dihubungi Tabengan, Rabu (4/5) malam.
 
Pelaksanaan Pemilu Kada di enam kecamatan, Dusun Selatan, Jenamas, Dusun Hilir, Karau Kuala, Dusun Utara, dan Gunung Bintang Awai tersebut berlangsung aman dan lancar.
Pantauan di Kota Buntok, perolehan suara di masing-masing TPS, khususnya tempat Cabup-Cawabup mencoblos bervariasi, ada yang unggul dan juga diungguli.
Di TPS 01, Desa Sababilah, Kecamatan Dusun Selatan, tempat pasangan Wafi dan Bupati Barsel Baharudin H Lisa menggunakan hak pilihnya, Wafi mengungguli enam pasangan lainnya dengan memperoleh 69 suara. Sedangkan pasangan Suka 36 suara, Era 15 suara, Jab 3 suara, Fasty 50 suara, Dadas 4 suara, dan Asuh 16 suara.
Di TPS XXIII, di Sanggar Pramuka, Jalan Pahlawan, Buntok, tempat pencoblosan Wakil Bupati Barsel Irawansyah, pasangan Era kalah. Dari DPT 332 pemilih, hanya hadir 259 pemilih, rusak lima suara, sehingga suara yang sah 254. Dengan rincian, pasangan Suka 130 suara, Era 31 suara, Jab 3 suara, Wafi 37 suara, Fasty 45 suara, Dadas 7 suara, dan Asuh  1 suara.
Sementara itu, di TPS XX, Kelurahan Buntok Kota, tempat Darsani mencoblos, Dadas mengungguli pasangan lainnnya dengan memperoleh 85 suara. Sedangkan Suka 49 suara, Era 34 suara, Jab 3 suara, Wafi 38 suara, Fasty 63 suara, dan Asuh 9 suara.
 
Tinjau TPS
Kapolda Kalteng Brigjen Pol Damianus Jackie bersama rombongan meninjau pelaksanaan pemungutan suara ke beberapa lokasi di Kota Buntok, di antaranya TPS XXIII.
Damianus kepada Tabengan mengatakan, maksud kedatangannya tersebut ingin menyaksikan pesta demokrasi di Barsel secara dekat dan memastikan Pemilu Kada berlangsung kondusif. Damianus juga bersyukur karena sejauh ini tidak ada pelanggaran yang terjadi. “Mudah-mudahan pelaksanaan Pemilu Kada di Barsel ini berjalan sukses tanpa ada halangan dan hambatan yang berarti,” kata Damianus.
Sementara itu, usai pencoblosan, Bupati Barsel Baharudin H Lisa bersama unsur Forum Komunikasi Pemerintahan Daerah (FKPD), seperti Kapolres, Dandim, Kajari, dan Kepala Pengadilan Negeri Buntok didampingi Sekda Damber Liwan beserta jajarannya mengunjungi beberapa kelurahan maupun TPS di Kota Buntok.
Sedikitnya 16 TPS di Kelurahan Buntok Kota, Hilir Sper, dan Jelapat disinggahi rombongan Bupati.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes