Masih Proses, Mohon Sabar...

Selasa, 17 Mei 2011

Wafi-Fasty Bersaing di Putaran Kedua

BARITO SELATAN--BN: PEMILIHAN Kepala Daerah (Pemilu Kada) Barito Selatan (Barsel) dipastikan berlanjut ke putaran kedua. Rapat pleno penghitungan manual yang dilakukan KPUD Barsel di GPU Jaro Pirarahan, Buntok, kemarin,... menunjukkan tidak satupun pasangan meraih suara 30% plus 1 untuk langsung dinyatakan sebagai pemenang.
Pasangan yang bakal melaju ke putaran kedua adalah pasa-ngan Wartiah Thalib-Sofiansyah (Wafi) dan Farid Yusran-Aty (Fasty). Wafi memperoleh suara terbanyak dengan 17.562 (25.60%) suara, dan disusul Fasty dengan 15.832 (23,08%) suara dari sekitar 90 ribu pemilih yang memberikan suara.
Bagi Farid, ini adalah kedua kalinya melaju ke putaran kedua. Pada Pemilu Kada 2006 dia maju ke putaran kedua menghadapi Baharudin Lisa, Bupati Barsel sekarang yang juga suami Wartiah Thalib.
KPUD Barsel menganggap hasil rapat pleno sudah final, meski ada dua saksi kandidat menolak menandatangani Berita Acara Perhitungan (BAP).
“Hasil rapat pleno itu sudah final. Selanjutnya kami mempersiapkan tahapan Pemilu Kada Barsel putaran kedua pada 28 Mei. Namun nantinya, tegas Arlan, tak ada kampanye terbuka. Hanya sistem dialogis atau tertutup,” jelas Ketua KPUD Barsel Arlansyah.
Dia memaparkan untuk putaran kedua kampanye berlangsung tiga hari dan para kandidat bisa memasang atribut. Nomor urut pasangan tidak berubah, yakni Wafi nomor urut 4 dan Fasty nomor urut 5. Dia mengatakan KPUD akan segera mengajukan kebutuhan dana untuk putaran kedua.
Terkait dana, Bupati Barsel Baharudin Lisa mengatakan Pemkab sudah menyiapkan dana untuk pelaksanaannya. Karena itu, dia menegaskan pelaksanaan putaran kedua tak masalah. Baharudin juga menghimbau masyarakat Barsel agar terus memelihara suasana kondusif dan menjaga tali silaturahmi agar tak putus hanya karena masalah politik.  “Terutama saya selaku Kepala Daerah mengucapkan banyak terima kasih kepada aparat yang dengan iklas telah mengawal suksesnya pelaksanaan Pemilu Kada Barsel putaran pertama. Masalah dana kami sudah antisipasi sehingga keseluruhan Rp11 miliar,” pungkasnya.
Kapolres Barsel AKBP Djati Wiyoto Abadhy SIK menambahkan, dari segi pengamanan pihaknya siap mengamankan jalannya Pemilu Kada Barsel putaran kedua.
“Kami sudah berkomitmen akan mengawal jalannya Pemilu Kada Barsel ini hingga selesai. Komposisi kekuatan tetap, 200 orang dari Polres Barsel dan 83 personil Brimobda Kalteng,” kata Djati Wiyoto.
Djati bahkan mengaku pengamanan akan lebih dioptimalkan karena biasanya konsentrasi massa lebih liar jika yang bertanding ha-nya dua pasasang calon. Dia menyebutkan lebih rawan, karena massa masing-masing kandidat lebih banyak.
Sementara itu, pantauan selama rapat pleno berlangsung, pengamanan sangat ketat diterapkan. Bahkan GPU Jaro Pirarahan, tempat rapat pleno berlangsung, dikelilingi satu peleton personil Brimobda Kalteng, termasuk enam di antarannya tim Gegana (penjinak bom). (ED/BI/I-2)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes