Masih Proses, Mohon Sabar...

Minggu, 31 Juli 2011

Mayoritas Muslimin Dunia Serempak Berpuasa Ramadan Senin Besok

Arab Saudi, Negara yang paling ditunggu-tunggu pengumuman pengumuman awal Ramadannya, pada sabtu sore kemarin mengumumkan bahwa hari Ahad ini adalah hari yang melengkapi bulan Sya’ban hingga tigapuluh hari. Maka negara tersebut secara resmi mengumumkan bahwa awal Ramadan jatuh pada hari Senin.

Sebelumnya Mahkamah Agung Arab Saudi telah menyerukan masyarakat untuk berusaha melihat hilal pada Sabtu sore kemarin sesuai ketentuan syariat. Pihak Mahkamah mengumumkan bahwa siapa saja yang melihat hilal baik dengan pandangan langsung atau melalui alat teropong agar segera melaporkannya kepada pihak mahkamah untuk dicatat dan diproses. Namun kenyataannya, pada Sabtu sore kemarian, hilal tidak muncul sehingga tidak ada yang melihatnya.
Keputusan tersebut semakin melengkapi kesamaan awal Ramadan pada sebagian besar Negara-negara Islam. Baik di Timur Tengah, Afrika hingga Asia. Termasuk juga kaum muslimin di Eropa,
Di Timur Tengah beberapa Negara Islam telah mengumumkan secara resmi bahwa awal Ramadan jatuh pada hari Senin, seperti Mesir, Emirat, Yordan, Kuwait, Suriah, Qatar dan Yaman.
Begitu pula Dewan Fatwa Eropa telah mengumumkan bahwa hari Senen merupakan awal puasa Ramadan. Fatwa ini diikuti oleh kaum muslimin di beberapa Negara minoritas di Eropa.
Negara-negara Balkan, seperti Kosovo, Bosnia, Rumania, Bulgaria, Slovenia, Albania, juga mengumumkan hari yang sama sebagai awal Ramadan. Tak ketinggalan Negara Turki juga menetapkan hari Senin sebagai awal puasa Ramadan bagi kaum muslimin Negara tersebut.
Di Asia Tenggara, dua Negara muslim utama; Indonesia dan Malaysia juga telah mengumumkan hari yang samat sebagai awal Ramadan.
Di Amerika, lembaga komunitas muslim representative ISNA, juga mengumumkan hari Senin sebagai awal Ramadan. Pengumuman ini kemudian diamini oleh komunitas muslim di berbagai belahan Negara di benua Amerika.
Di daratan Cina dan Asia timur juga tidak berbeda. Hari Senin ditetapkan sebagai awal Ramadan bagi kaum muslimin di sana.
Ahlan wa Sahlan Ya Ramadan….

Sumber : Islamedia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes