Masih Proses, Mohon Sabar...

Jumat, 15 April 2011

Salafi Iskandariyah Siap Dukung Al Ikhwan Memimpin Mesir

Juru bicar resmi jama’ah Salafiyah Iskandariyah, Abdul Mun’im As Syahat, menegaskan bahwa Salafiyah akan ikut serta dalam perpolitikan di Mesir. Dan mereka akan memilih calon dari berbagai kelompok. Termasuk Al Ikhwan Al Muslimun, demikian lansir onislam.net (7/4)

Pihak jama’ah ini juga menyebutkan bahwa calon yang dipilih harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah calon tersebut merujuk kepada Islam dan memiliki kemampuan. Dan pihak yang memenuhi syarat ini tidak lain adalah Al Ikhwan Al Muslimun.

Mengenai kerja sama dengan Al Ikhwan, As Syahat mengatakan,”Kemungkinan syarat kami terpenuhi dalam jumlah besar oleh para calon Al Ikhwan. Akan tetapi Al Ikhwan tidak akan mengajukan calon di semua tempat. Dengan demikian, kami akan mendukung calon independen, yang mungkin juga memiliki kemampuan lebih banyak daripada para calon Al Ikhwan.”

As Syahat juga menolak anggapan bahwa pihaknya telah merubah fatwa dan berganti manhaj, ”Kami tidak keluar dari manhaj kami, akan tetapi yang kami laksanakan sekarang merupakan perincian darinya.”

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa As Syahat pernah menyatakan sebelum Revolusi Mesir, pihak Salafi tidak akan mendukung Ikhwan dalam pemilu parlemen, karena menurut mereka hal itu menyelisihi syari’at, namun pihaknya masih memungkinkan mendukung Ikhwan diluar hal itu. Yakni di Pemilu lokal organisasi pelajar atau organisasi profesi, dengan syarat bahwa tidak ada konsekwensi pengakuan terhadap kebatilan. Sebagaimana juga dilansir onislam.net (21/11)

Telat dalam Revolusi Mesir

Menjawab pro-kontra mengenai keikutsertaan Salafi dalam revolusi 25 Januari di Mesir As Syahat yang tergolong telat ia mengatakan, ”Kami tidak mengikuti hal itu di waktu-waktu awal karena kami khawatir terjadi seperti apa yang terjadi di Libya. Akan kami tetapi kami ikut serta di dalamnya (revolusi) setelah hilang keragu-raguan itu. Kami keluar dan kami membelanya dengan segala daya dan upaya.”

Sebagaimana diketahui, bahwa komunitas Salafi Iskandariyah merupakan komunitas Salafi paling besar dan terorganisir dibanding komunitas Salafi lainnya di Mesir.

sumber : Islamedia -

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes